Beranda Tips & Trick Tips Menghemat Gas Saat Memasak

Tips Menghemat Gas Saat Memasak

335
0
BERBAGI

Gas kini jadi primadona rumahtangga. Kebutuhan akan gas sudah sedemikian vital, sehingga ketersediaan bahan bakar ramah lingkungan ini sangat penting dalam menopang aktifitas keseharian. Dalam penggunaannya ada beberapa kiat jika ingin pemakaian gas awet dan hemat. Menghemat gas di dapur sebenarnya mudah dan sederhana. Masalahnya, ini berhubungan dengan kebiasaan dalam menggunakan kompor gas.

Berikut beberapa tips menghemat gas yang bisa dilakukan di rumah.

  1. Ukuran Api

Gunakan api dengan nyala yang tidak terlalu besar melebihi bagian atas dari penggorengan atau panci. Panas berlebih ini akan terbuang percuma.

  1. Tutup Panci

Ketika merebus usahakan untuk selalu menutup panci. Cara ini mampu mempercepat proses pematangan karena uap yang dihasilkan tidak terbuang percuma. Disamping nutrisi bahan pangan yang direbus tidak akan hilang.

  1. Matikan Sejenak

Ketika menumis sayur, matikan api pemasak ketika sayur masak setengah matang. Biarkan sayur tetap berada di dalam penggorengan atau panci karena proses pematangan masih akan terus berlanjut sebagai akibat panas yang tersisa dari peralatan masak.

  1. Cek kualitas bagian-bagian kompor

Pernah dengar istilah kebocoran gas? Selang gas inilah yang mempengaruhi hal tersebut. Kompor gas rumahan setidaknya harus punya selang gas yang mampu menahan tekanan minimal 500 psi. Kalau tidak, selang akan mudah kendor dan gas bisa bocor lewat sela-sela yang kendor tersebut.

Selain selang, cek juga regulator kompor. Kebanyakan kompor gas rumahan sudah memakai regulator otomatis yang dapat mendeteksi kebocoran. Nah kalau ingin bepergian dalam waktu lama, lepas regulator agar gas tidak terbuang sia-sia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here