Beranda Resto & Cafe Sejak 1983 Martabak HAR Selalu Penuh Kelezatan

Sejak 1983 Martabak HAR Selalu Penuh Kelezatan

582
0
BERBAGI

JAKARTA – KULINERMAGAZINE. Kalo ngaku penggemar martabak, belum sah rasanya jika belum merasakan martabak Palembang Haji Abdoel Razak (HAR) yang sudah malang melintang sejak tahun 1983. Kelezatan martabaknya yang dicampur dengan kari benar-benar menggugah selera. Kedai martabak dan roti cane yang berlokasi di Jl. Biak, Roxy, Jakarta Barat ini mudah ditemui. Kelezatannya memang tak diragukan lagi, didukung tempat yang lumayan nyaman untuk menikmati hidangan, karena tersedia area indoor dan outdoor yang dapat dipilih.

Keberadaan kedai martabak ini tidak terlepas dari peran dan perjuangan H. Abdoel Razak yang telah merintis usaha tersebut sejak tahun 1983. “Dulu saya pernah jadi kondektur bus waktu masih bujangan. Kemudian tahun 1978 mencoba mengadu nasib dengan menjadi TKI di Arab Saudi selama 4 tahun. Setelah itu  ada sedikit modal dan keahlian lalu buka usaha ini. Awalnya di tenda kaki lima, bertiga bongkar pasang tenda sendiri dan lumayan rame karena saat itu kuliner sejenis ini masih jarang yang jual,” tutur H. Abd. Razak kepada Kulinermagazine.

Ketekunan serta keahliannya meracik bumbu membuat martabaknya cepat dikenal masyarakat. Kapasitas produksi yang awalnya hanya 3 kilogram terigu perhari pun semakin meningkat.  Karyawan pun semakin bertambah seiring waktu. “Alhamdulillah sekarang sudah 12 karyawan, dan setiap hari menghabiskan bahan baku terigu rata-rata sebanyak  15 kilogram. Banyak bersyukur kepada Allah SWT jadi nikmat bertambah,” ujarnya.

Keunggulan martabak HAR adalah kelezatan serta aromanya. Martabak khas palembang dengan kari kentang dan bumbu kaldu spesial menciptakan aroma yang berbeda dari martabak lainnya. Bumbunya sangat khas terasa, karena mutu dan rasa memang selalu dijaga. Rasa martabak yang dicampur dengan kari sungguh lezat. Terdapat beberapa macam kari yang disediakan di sini, yaitu kari ayam, sapi, dan juga kambing. Kisaran harganya tidak terlalu mahal, karena rasa begitu berbicara. Untuk martabak palembang dihargai Rp. 40.000,-, martabak daging spesial Rp.60.000,-, roti cane kari ayam Rp.50.000,-, roti cane kari kambing Rp. 60.000,-,  nasi kebuli kari ayam Rp. 50.000,-, dan nasi kebuli kari kambing Rp.60.000,-.

Selain menu-menu tersebut, di kedai ini juga tersedia Mie Celor khas Palembang. Mie celor merupakan salah satu hidangan mie dengan rasa kuah santan yang sangat gurih di lidah. Harganya berkisar antara Rp 35.000-Rp 45.000. Martabak HAR menyasar segmentasi orang-orang yang benar-benar mengerti soal rasa. Selain masyarakat sekitar, banyak juga pelanggannya dari luar negeri seperti Malaysia dan SIngapura. H. Abd. Razak selalu memberikan pelayanan yang prima, sehingga akrab dengan pelanggan baik yang lama maupun pelanggan baru.

Martabak HAR buka pukul 11.00 – 24.00 setiap harinya, kecuali hari raya dan siang hari saat bulan puasa. Selain makan di tempat, tersedia juga fasilitas layanan pesan-antar dari Go Food. (Syahid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here