Beranda Liputan Khusus Rayakan Eart Hour 2019, Horison Hotel Ciledug Menggelar Acara Blind Minfulness Meditaton...

Rayakan Eart Hour 2019, Horison Hotel Ciledug Menggelar Acara Blind Minfulness Meditaton & Penanaman Benih Urban Farming

136
0
BERBAGI

JAKARTA-KULINERMAGAZINE.COM- Sebagai bentuk partisipasi dalam kampanye #Connect2earth dan kepedulian akan lingkungan  untuk keberlanjutan alam serta lingkungan hidup. kemarin Sabtu 30/3/2019 Horison Hotel Ciledug menyelenggarakan event bertajuk  “Together Under the Stars”, acara berlangsung selama satu jam yang dimulai pada pukul 19.30 sampai pukul 21.30.WIB

Tampak lilin-lilin berjejer sangat rapi membentuk tulisan “60+” yang bermakna  60 menit  atau satu jam kita memadamkan lampu untuk mendapatkan manfaat yang banyak serta dampak yang baik untuk bumi dan lingkungan kita. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Detik.com pelaksanaan Earth Hour pada tahun 2012 mampu menghemat listrik hingga 462 MW di wilayah Jawa, Bali dan Sumatera .(https//finance.detik.com/energi/d-1882187/wowo-earth-hour-mampu-hemat-462-mw-listrik )

Sementara itu Asep Widiatmoko selaku General Manager Horison Ciledug mengatakan,”kita ingin earth hour kali ini tidak hanya sekedar mematikan lampu tetapi ada juga pesan yang ingin kita sampaikan. yaitu melalui gerakan urban farming yang melibatkan tamu atau peserta dari kegiatan ini sebagai wujud kepedulian akan lingkungan, selain itu waktu earth hour  dapat kita manfaatkan untuk bermeditasi (Yoga) yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kita, ”Ujarnya.

Seorang yogi atau praktisi yoga kelulusan Cibubur Yoga Center bernama Utie sengaja di datangkan untuk  memandu acara Blind Minfulness Meditation ,Utie sudah hampir dua tahun menjadi praktisi mindfulness juga menjadi bagian dari”Abdi Hening” yang dipimpin oleh Adjie Santosoputro dan tim lentera Djiewa. Ia juga salah satu penggagas komunitas sharing session yang diberi nama “Ruang Nafas”  tampak beberapa peserta ikut hadir mengikuti acara ini , lebih jelas tentang Utie dapat dilihat di akun IG nya @just_utie.

Untuk melengkapi moment spesial bumi ini terdapat juga rangkaian acara  “Urban Farming Seed Planting” yang menjadi highlight tersendiri dalam acara Earth Hour.Penanaman benih ini dilakukan dengan melibatkan tamu dan pengunjung untuk berpartisipasi mendukung program urban farming milik Horison Hotel Ciledug. Urban Farming merupakan sebuah kegiatan bercocok tanam yang menjadi favorit kaum urban yang mulai memiliki kesadaran akan gaya hidup yang sehat dan kualitas tanaman sayuran yang alami terjaga dan terbebas dari unsur kimia yang berbahaya.

Program ini dicanangkan oleh Asep Widiatmoko selaku GM dari Hotel Horison Ciledug dan baru berjalan kurang lebih satu bulan ini, dimulai dengan proses desain lokasi yang kemudian dilanjutkan dengan instalasi planter box dan penyematan bibit. Dalam waktu sekitar empat minggu diharapkan proses pemanenan bisa dilasanakan.

“Kedepannya Horison Hotel Ciledug akan memperkenalkan program ini kepada tamu juga mayarakat sekitar yang tertarik untuk memulai urban farming nya sendiri, kami juga akan mengadakan kelas urban farming dan cooking class kepada  tamu dan pengunjung hotel, yang mana bahan dasarnya kita peroleh dari hasil panen program urban farming ini,”terang Asep.

Pada kesempatan kali ini, Horison Hotel Ciledug juga mengajak tamu/peserta untuk menanam benih berbagai macam sayuran, seperti selada merah, pok cay, kangkung, selada air dan sawi.

”Melalui event Earth Hour yang bertajuk “Together Under the Stars” Horison Hotel Ciledug berharap bahwa dengan kebersamaan kita dapat menghayati akan pentingnya menjaga kelestarian bumi dan lingkungan kita sebagai rumah kita bersama,dan demi keberlangsungan hidup kita semua tanpa memandang perbedaan –perbedaan yang ada diantara kita,”tutup Asep. (hel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here