Beranda Liputan Khusus Kurma Medjool Hadir di Agro Food Expo 2019

Kurma Medjool Hadir di Agro Food Expo 2019

20
0
BERBAGI

JAKARTA- KULINERMAGAZINE.COM – Halal Indonesia Expo (HIE) 2019 secara resmi dibuka sejak Kamis (27/6/2019) di area Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung hingga 30 Juni 2019 ini mengangkat tema “Indonesia International Exibition for Halal Showcase & Services”.

Bersamaan dengan acara tersebut, juga digelar pameran 19th Agro Food Expo 2019 dan 17th Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara (GWBN) 2019.

“Pameran HIE 2019 merupakan pameran produk halal terbesar di Indonesia yang menjawab kebutuhan masyarakat akan produk halal Indonesia,” kata Direktur Utama PT Wahyu Promo Citra, Sukur Sakka, saat membuka acara, Kamis (27/6/2019).

Salah satu pesertanya adalah Edi Marzuki yang membuka stand penganan buah khas Timur tengah yaitu kurma.

Kurma yang ia tawarkan cukup unik, biasanya kurma ini menjadi sajian khusus makanan para bangsawan di kerajaan Mesir.

Kurma medjool namanya. Tampilan buah dengan ukuran cukup besar dari kurma-kurma yang biasanya ada di pasaran.

Edi memasarkan kurma medjool di bawah naungan PT Najasyi Sukses Bersama yang merupakan salah satu distributor kurma medjool di Indonesia.

“Selain rasanya yang manis, dagingnya pun cukup tebal , jika kita memakan satu butir saja sudah cukup mengenyangkan,” ujar Edi Marzuki seraya menambahkan jika berminat bisa menghubungi nomer hp ( WA ) +201150015887.

Si Raja Kurma yang Jadi Favorit di Indonesia

Perbedaan wilayah penanaman kurma dapat membuat kurma memiliki tekstur dan kelegitan berbeda. Ada yang kering, ada yang lembap dan ada pula yang sangat manis.

Salah satu jenis kurma paling populer di Indonesia adalah Medjool. Kurma berwarna cokelat gelap ini memiliki ukuran besar, daging tebal, dan cita rasa manis seperti karamel.

Teksturnya pun lembut dan empuk. Selain itu ukuran biji kurma Medjool lebih kecil sehingga daging buahnya lebih padat. Berat kurma ini sendiri mencapai 15-23 gram per buah.

Ciri khas tersebut membuat kurma Medjool banyak dicari untuk berbuka puasa di bulan ramadan. Karena menyantap satu butir kurma Medjool sangat memuaskan. Rasa kurma yang manis membuat Medjool juga banyak diolah menjadi cake, dipadu dengan cokelat, atau kacang-kacangan.

Budidaya kurma Medjool banyak dilakukan di Maroko, Saudi Arabia, Amerika Serikat, Yordan, Palestina dan utara Afrika. Kini Medjool asal Amerika justru paling banyak dicari di Indonesia.

Kurma Medjool asal Amerika dihargai sekitar Rp 175.000 – 250.000/kg, tergantung besarnya.

Kurma Medjool merupakan sumber serat yang baik, tinggi antioksidan, kaya vitamin dan mineral penting. Seperti kalium, tembaga, magnesium, vitamin B6, niasin, kalsium, zat besi dan vitamin K. Dalam 2 buah kurma Medjool (46 gr) terdapat 140 kalori, 36 gr karbohidrat, 1 gr protein, dan 3 gr serat. (Hel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here