Beranda Liputan Khusus Jenis Makanan untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

Jenis Makanan untuk Turunkan Kolesterol Tinggi

295
0
BERBAGI

JAKARTA, KULINERMAGAZINE. Makanan unruk menurunkan kolesterol tinggi pada dasarnya sangat banyak berada di sekeliling kita.

Hanya saja terkadang makanan penurun kolesterol merupakan makanan yang tidak kita suka.

Karena tanpa dipungkiri makanan seperti junk food dan memiliki rasa yang manis merupakan makanan favorit kita, padahal makanan tersebut yang dapat memicu timbulnya penyakit didalam tubuh kita.

Makanan tertentu sudah terbukti dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkankan kolesterol baik (HDL). Dan inilah beberapa makanan yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah:

1. Oatmeal Dan Oat Bran

Oatmeal mengandung serat larut (soluble fiber), yang dapat mengurangi kolesterol jahat. Serat larut tampaknya mengurangi penyerapan kolesterol di usus.

Serat larut yang mirip gel mengikat getah empedu (yang mengandung kolesterol) dan kolesterol dalam makanan sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh. Konsumsi Lima sampai 10 gram serat larut per hari dapat mengurangi sekitar 5 persen kolesterol LDL.

2. Walnut Dan Almond

 Berbagai studi menunjukkan bahwa walnut dapat mengurangi kolesterol dalam darah secara signifikan. Kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, walnut juga membantu menjaga pembuluh darah tetap sehat dan elastis. Almond tampaknya memiliki efek serupa, yang menghasilkan perbaikan yang terlihat jelas hanya dalam empat minggu.

3. Ikan Dan Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 dikenal karena bepengaruh dalam menurunkan trigliserida, sekaligus mampu membantu jantung dengan cara lain seperti menurunkan tekanan darah dan resiko penggumpalan darah. Pada orang-orang yang sudah terkena serangan jantung, minyak ikan  atau asam lemak omega-3 secara signifikan menurunkan resiko kematian mendadak.

Dokter menyarankan makan sedikitnya dua porsi ikan per minggu. Tingkat tertinggi asam lemak omega-3 ditemukan dalam ikan mackerel, trout danau, herring, sardin, tuna albacore, dan salmon. Namun, untuk mempertahankan manfaat ikan bagi kesehatan jantung, masaklah dengan cara dipanggang atau dibakar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here