Beranda Partnership APJI DKI Jaga Kearifan Lokal, APJI DKI Angkat Kuliner Betawi

Jaga Kearifan Lokal, APJI DKI Angkat Kuliner Betawi

464
0
BERBAGI
Ketua APJI DPD DKI, Ibu Siti Djumiadini

JAKARTA, KULINERMAGAZINE – Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) DPD DKI bekerjasama dengan Dinas Pariwisata DKI menggelar kegiatan “Horeca (hotel, resto, catering) Day SmartClub Bersama APJI”, Kamis (23/11/2017). Acara yang berlangsung di  SmartClub Kelapa Gading, Jakarta Utara ini mengangkat tema Kuliner Betawi.

Acara dimulai dengan sambutan dari pihak SmartClub selaku sponsor yang diwakili oleh Bapak Budiyono selaku Store General Manager.

Aroma betawi terasa sangat kental di acara ini. Beberapa stand tampak menjual beragam jajanan khas betawi seperti kerak telor, dodol betawi, asinan betawi, tape uli dan masih banyak yang lainnya.

Tidak hanya diramaikan dengan beragam kuliner betawi, acara ini juga dihibur oleh group musik “Bang Laming  dari Dinas Pariwisata DKI yang melantunkan beberapa lagu-lagu karya seniman betawi almarhum Benyamin S.

Bapak Gumilang yang mewakili Dinas Pariwisata DKI, dalam sambutannya menekankan supaya masakan betawi menjadi menu wajib di hotel-hotel berbintang yang ada di Jakarta.

Bapak Gumilang dari Dinas Pariwisata DKI
Ibu Hj. Silviana Murni sebagai Ketua Kwartir Daerah Jakarta Pusat.
Bapak Budiyono selaku Store General Manager SmartClub Kelapa Gading, Jakarta Utara

“Juga harus bisa mengkombinasikan agar menu-menu masakan betawi tidak kalah gizinya dengan menu yang lain,” kata Gumilang.

Turut hadir dalam acara tersebut mantan Walikota Jakarta Pusat yang juga mantan Cawagub DKI Jakarta, Sylviana Murni.

“Perda nomor 11 tahun 2017 sudah di launching, jelas sekali di situ untuk mengangkat kearifan lokal yang ada di ibu kota Jakarta. Mulai dari kuliner betawi, bahasanya, tata rias pengantinnya termasuk ornamen-ornamennya yaitu gigi balang yang menjadi ciri khas rumah adat betawi,” kata Sylviana Murni yang saat ini menjabat sebagai Ketua Kwartir Daerah Jakarta Pusat.

Sementara, Ketua APJI DPD DKI, Siti Djumiadini dalam sambutannya mengatakan kuliner betawi harus tetap dijaga agar tetap eksis.

“APJI diharuskan mengangkat kuliner atau makanan betawi. Untuk itu diimbau kepada para pengusaha catering atau hotel agar menyajikan menu betawi, minimal asinan betawi,” ujarnya.

Asinan Betawi
Dodol Betawi
Kerak Telor
Persiapan lomba memasak makanan khas betawi

Puncak dari kegiatan ini adalah lomba memasak makanan khas betawi yaitu soto betawi, gabus pucung dan gurame pecak. Lomba ini diikuti 25 peserta. Sebagai juri ditunjuk chef Wibowo dan Ibu Sylviana Murni.

Dan agenda APJI bekerjasama dengan Dinas Pariwisata DKI Jakarta selanjutnya yaitu acara “Kirab Negara” berupa tarian kolosal betawi dengan jumlah 10.000 peserta yang akan digelar pada hari Minggu, 26 Nopember 2017, bertempat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat. (hel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here