Beranda Liputan Khusus 5 Kuliner Khas Jakarta yang Harus dicoba di Setu Babakan

5 Kuliner Khas Jakarta yang Harus dicoba di Setu Babakan

453
0
BERBAGI

JAKARTA-KULINERMAGAZINE. Kawasan Setu Babakan Jakarta Selatan dijadikan sebagai cagar budaya Betawi. Berbagai hal seputar suku asli masyarakat Jakarta ada di sini, termasuk makanan khasnya.

Rumah adat, kesenian dan makanan khas Betawi selalu lengkap tersedia di kawasan Setu Babakan. cobalah mampir ke Setu Babakan karena banyak jajanan Betawi murah meriah dan enak.

1. Toge goreng

Dulu penjual toge goreng banyak menjajakan dagangannya keliling perkampungan tapi sekarang mulai sulit ditemui. Jangan dulu sedih karena penjual toge goreng hampir selalu dipastikan ada di Setu Babakan.

Hidangan ini berisi potongan ketupat, tahu dan pastinya toge. Semuanya disiram kuah tauco yang khas. Meskipun namanya toge goreng tapi togenya tidak dimasak dengan cara digoreng. Nyam nyam, harganya juga terbilang murah tak lebih dari Rp 15.000.

2. Laksa Betawi

Tak kalah langka, laksa Betawi juga bisa dicari di kawasan Setu Babakan. Seporsi laksa ini isinya mie kuning yang dicampur ketupat, telur, toge dan bihun. Beberapa bahan pelengkap seperti kucai dan bawang goreng membuatnya makin sedap.

Laksa disajikan dengan guyuran kuah kental yang gurih karena diberi udang rebon. Oia laksa makin enak kalau dimakan hangat-hangat.

3. Bir pletok

Puas makan kuliner Betawi, makin lengkap kalau minumnya bir pletok. Tak bikin mabuk karena bir yang satu ini tak mengandung alkohol.

Bir pletok merupakan minuman yang terbuat dari rebusan jahe, kayu secang dan beberapa rempah. Warnanya kemerahan dan rasanya segar. Kalau siang-siang, bir pletok enak dinikmati dingin.

4. Dodol Betawi

Mampir ke Setu Babakan harus mencicip legitnya dodol Betawi. Biasanya penjual dodol mengolah langsung dodol ini di kiosnya jadi penjual bisa ikut mencoba mengaduk ataupun mencicip dodol yang baru matang.

Dodol dijual dalam berbagai ukuran kemasan mulai kemasan plastik kecil hingga yang dikemas menggunakan besek plastik. Dodol ini juga bisa jadi oleh-oleh buat orang rumah atau kerabat.

5. Kerak telor

Menikmati santai sore di pinggir danau Setu Babakan paling enak ditemani kerak telur. Penjualnya cukup banyak di sini jadi bisa pilih mana yang paling menarik.

Makan kerak telor hangat makin lengkap ditemani segelas kelapa muda segar. Kulineran nggak harus mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here