Beranda Tips & Trick 10 Makanan yang Dapat Tingkatkan Kemampuan Memori Anda

10 Makanan yang Dapat Tingkatkan Kemampuan Memori Anda

306
0
BERBAGI

Jakarta Mungkin Anda sering mendengar pepatah tentang makanan yang mengatakan “Anda adalah apa yang Anda makan”. Ternyata pepatah ini benar adanya.

Ilmu pengetahuan membuktikan bahwa pilihan gaya hidup dan apa yang dimakan memiliki dampak langsung pada otak dan kinerja-nya. Dilansir dari mydomaine.com, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan memori Anda. Penasaran?

1. Brokoli
Sayuran seperti kembang kol dikenal sebagai pembangkit nutrisi. Sedangkan untuk meningkatkan kesehatan otak, brokoli mengandung kadar kolin dan vitamin K yang lebih tinggi. Kandungan vitamin tersebut merupakan bantuan terpenting untuk mengoptimalkan kognisi dan ingatan.

2. Berry
Blueberry, cranberry, dan strawberry adalah makanan yang wajib dikonsumsi untuk memiliki keadaan memori yang lebih baik. Berry terbukti melindungi otak dari kehilangan memori dan berkontribusi pada peningkatan ingatan.

Selain itu, diet kaya blueberry dapat benar-benar meningkatkan kemampuan belajar Anda dan menurunkan tingkat stres. Blueberry adalah salah satu sumber antioksidan terbaik dan penuh dengan flavonoid yang merupakan senyawa anti inflamasi.

3. Wild fish
Asam lemak omega 3 dapat mengurangi peradangan di otak dan tubuh. Selain itu, omega 3 juga mudah diserap tubuh.

Anda bisa mendapatkan asupan omega 3 dari salmon liar, tuna liar, sarden, dan ikan haring. Sebagian besar makanan laut memang mengandung omega 3, namun berhati-hatilah terhadap kandungan merkuri dan racun di dalamnya.

4. Biji-bijian
Ada makanan lain selain omega 3 yang bisa Anda konsumsi, yaitu biji chia dan rami. Selain itu, ada juga labu, kenari, dan sayuran berdaun gelap sebagai pilihan.

5. Biji gandum
Gandum memiliki banyak manfaat untuk Anda, seperti kaya akan asam folat, dan mempercepat informasi sampai ke otak, serta memperbaiki ingatan. Biji gandum adalah jenis biji terbaik, karena sumber alami dari zat besi, seng, dan protein.

Gandum juga merupakan makanan yang bisa membuat Anda kenyang. Selain itu, karbohidrat kompleks di dalamnya juga bisa membuat energi bertahan lebih lama saat otak membutuhkan bahan bakar.

6. Bawang merah
Bawang merah telah digunakan untuk memperbaiki ingatan sejak berabad-abad yang lalu di India. Kuncinya adalah flavonoid alami dan fisetin yang dapat membuat ingatan jangka panjang dengan merangsang jalur tertentu di otak.

Anda harus memakannya mentah-mentah untuk mendapatkan manfaat terbaik. Atau memasak makanan ini dengan suhu di atas 118 derajat.

7. Rempah-rempah
Banyak ramuan dan rempah-rempah yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan membantu meningkatkan kekuatan otak Anda, seperti kunyit dan rosemary. Kunyit sangat baik untuk melawan stres, sedangkan rosemary dapat membantu mencegah kerusakan sel saraf.

8. Dark chocolate
Kecanduan cokelat sangat baik untuk memori dan fokus Anda, karena dapat memperbaiki tekanan darah dan sirkulasi ke otak. Selain itu, makanan ini juga bisa meningkatkan fungsi otak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here